Resep Masakan Padang

Rendang Padang

Bahan:
1 ½ kilo daging sapi
12 gelas santan dari 3 butir kelapa
2 biji asam kandis
1 batang serai, memarkan
1 lembar daun kunyit
2 lembar daun jeruk purut
Garam secukupnya

Haluskan:
1 ons cabe merah
15 buah bawang merah
6 siung bawang putih
5 buah kemiri
2 cm jahe
3 cm laos (yang ini tidak perlu dihaluskan, cukup di keprak saja)

Cara membuat:
~ Daging dipotong2 sesuai selera.
~ Dalam wajan: rebus santan dengan bumbu-bumbu yang dihaluskan plus daun-daun dan asam kandis.
~ Aduk terus sampai mengental agar santannya tidak pecah. Kalau sudah mulai keluar minyak masukan potongan-potongan daging
~ Aduk terus dan dimasak dengan api sedang. Kalau mau dihitamkan kecilkan apinya. (In)

Tips :
– Sedikit tambahan untuk resep tsb (supaya lebih enak,boleh di test):
* 1kg daging, kelapanya 3 butir dibuat santan kental, jadi kalau 1,5 kg sebaiknya 5 butir kelapa.
* Ditambah 3 lembar daun salam, juga untuk serai ditambah jadi 2 batang, daun jeruk ditambah menjadi 4 lembar
* Ditambah 2 sdm kelapa parut sangrai yang sudah digiling halus (sampai keluar minyak)
* Sedikit gula, bila suka
* Kalau ingin rasanya lebih sarat bumbu, cabe, bawang putih & merahnya boleh ditambah lagi
* Supaya lebih meresap bumbunya, sebaiknya daging diungkep dulu bersama dengan semua bumbu & daun, setelah air dagingnya kering baru  masukan santan, diaduk terus sampai mendidih. Kecilkan api, masak sampai bermiyak (hitam) dengan sekali-sekali diaduk agar tidak lengket & matangnya merata. (Dew)

– Kebetulan kalau bikin rendang saya juga memasukkan sedikit asam kandis, tetapi rasanya tidak menjadi asam sama sekali kok (kali kalah sama rasa bumbu dan santannya), soalnya paling asam kandisnya 2 atau 3 biji. Kata orang sih, asam juga dapat berfungsi sebagai pengawet alami? (bener nggak sih). (An)

– Kadang ada orang yang bilang kenapa kalau masak rendang tidak bisa hitam seperti rendangnya orang Minang. Ibuku bilang, supaya rendang bisa hitam, kuncinya jangan pakai kunyit. Kalau pakai kunyit, biar masaknya lama dengan api kecil pun, rendang tetap kelihatan merah (seperti kalio).

– Supaya dedaknya banyak, santan juga harus banyak. Memeras santan untuk rendang, perasan pertama sebaiknya jangan ditambahkan air dulu.Peras kelapa dengan menggunakan kain/serbet khusus, supaya patinya keluar.

– Resep keluargaku, takaran utamanya :
1 kg daging, 4 butir kelapa (kalau di Batam = 2kg), 1 ons cabe giling. Ukuran potongan daging yang pas utk rendang, 1 kg = 25-30 potong, potong sesuai seratnya supaya tidak cepat hancur waktu dimasak.

– Kalau jenis dagingnya yang cepat empuk, jangan terlalu cepat dimasukkan, cukup di aduk dengan bumbu supaya meresap lebih dahulu dan didiamkan k/l 1/2 jam, baru masukkan setelah santan yang telah dijerang keluar minyaknya.

Gulai Ayam

Anda mungkin suka masakan Padang yang tidak terlalu pedas, coba resep di bawah ini, tetapi bagi yang ingin pedas tambah

cabenya 3 buah lagi. Bahan : 1. Ayam, 1 ekor, diopotong 12. 2. Nangka, 500 gr, dipotong sebesar 2 cm. 3. Santan, 1 kg (3 buah kelapa tua) Bumbu :

  1. Cabe, 12 buah.

  2. Bawang Merah, 5 buah.

  3. Bawang Merah 6 siung (1 buah)

  4. Jahe, sebesar ibu jari

  5. Kunyit, 2 ruas jari

  6. Ketumbar, 1 sendok makan.

  7. Kemiri, 4 buah.

  8. Langkuas, 2 ruas jari.

  9. Merica (lada), ½ sendok teh.

  10. Serei, 1 batang.

  11. Daun kunyit, 1 lembar,

  12. Daun jeruk purut, 4 lembar.

  13. Garam secukupnya.

Cara Memasak :

  1. Cabe, bawang merah, bawang putih, jahe, kunyit, ketumbar,kemiri,dan langkuas digiling sampai halus.

  2. Bumbu yang sudah digiling dicampur dengan santan besama serei,daun kunyit, daun jeruk purut.

  3. Dimasak sampai mendidih, kemudian masukan ayam ,

  4. Setelah 15 menit masukan nangka.

  5. Angkat panci kalau ayam dan nangka sudah empuk, jangan lupa cicipi rasa garamnya.

Ikan Goreng Bumbu Balado


Bahan:

Ikan kembung 6 bh dibersihkan beri sedikit cuka/air jeruk nipis dan garam.

Daun jeruk 3 lbr.

Tomat besar 1 bh dipotong jadi 6 bagian.

Minyak untuk menggoreng.

Garam dan gula secukupnya

Bumbu tumbuk kasar:

Cabe merah 10 bh

Bawang merah 8 bh


Cara memasak:

Goreng ikan kembung dengan minyak panas sampai kecoklatan sisihkan.

Sisakan minyak bekas menggoreng ikan 5 sdm lalu masukan bumbu halus dan daun jeruk aduk sampai wangi dan masukan tomat aduk dengan api sedang-kecil, masak sampai bumbu dan tomat matang, lalu masukan ikan goreng tadi diamkan sebentar dengan api kecil lalu hidangkan.


Gulai Tunjang

Bahan-Bahan:

1 buah kaki sapi/kerbau

4 gelas santan dari satu butir kelapa

1 lembar daun kunyit

2 lmbar daun jeruk purut

2 buah asam kandis

1 batang serai

Haluskan:

1 ons cabe merah

10 buah bawang merah

5 siung bawang putih

6 buah kemiri

1 cm kunyit

2 cm lengkuas

garam secukupnya

Cara membuat:

~ Bersihkan kaki sapi, potong-potong, dan rebus sampai empuk.

~ keluarkan tulang-tulangnya lalu potong-potong kikil tersebut.

~ Didihkan santan dengan bumbu-bumbu lainnya, masukan

potongan kikil dan masak sampai santan mengental dan

keluar minyak.


Gulai Paku (Pakis)

Bahan-bahan:

½ kg daun pakis muda yang sudh disiangi

750 cc santan cair dari 2 ½ butir kelapa

200 gr udang, kupas

1 batang serai, memarkan

2 cm lengkuas, memarkan

3 buah asam kandis

30 lembar daun ruku-ruku atau daun kemangi

Haluskan:

1 ons cabe merah

10 buah bawang merah

3 siung bawang putih

2 cm kunyit

2 cm jahe

garam secukupnya

Cara membuat:

~ Cuci daun pakis yang sudah disiangi, tiriskan.

~ Didihkan santan dengan semua bumbu berikut udang,

aduk-aduk agar santan tidak pecah.

~ Masukan daun pakis, tunggu mendidih sekali lagi, masukan

santan kental. Masak terus sampai santan berminyak,angkat.

Note:    Udang juga bisa diganti dengan ikan asin jambal atau ikan teri.


SATE PADANG

Alternatif bahan dasar:
1/2 kg daging sapi
1 lidah sapi rebus hingga agak lunak
1/2 kg campuran jeroan sapi

Bumbu-bumbu:
4 buah bawang putih giling
5 buah bawang merah giling
2 cm jahe digeprek
3 lembar daun kunyit
10 biji cabe merah digiling halus
1 ruas kunyit digeprek
sedikit jinten
sedikit asam kadas
serai batang /bubuk.
Garam secukupnya
Tepung beras secukupnya dengan perbandingan 2:1 buat mengentalkan sausnya.

Cara membuatnya:
1. Rebus bahan dasar hingga matang, lalu potong-potong sebesar dadu.
2. Semua bumbu yg digiling halus, dan teman2nya di tumis dengan sedikit minyak goreng hingga harum.
3. Bagi bumbu jadi dua satu untuk saus satu untuk dicampur dgn lidah.
4. Masukan daging / lidah yg sudah di potong-potong, aduk rata dan biarkan matang dan meresap, tusuk dengan tusuk sate klu memang punya tenaga klu tidak ya biarin aja di wadah yg bisa dipanggang kemudian masukkan ke panggangan. Klu mau dibakar juga bisa.
5. Sausnya: Bumbu yg sebagian disisakan itu dicampurkan dengan kaldu merebus lidah/daging, masak sampai mendidih, kentalkan dengan campuran tepung beras

NB : Dihidangkkannya bisa ditusuk dgn tusukan sate atau klu nga ditusuk yg di wadah itu begitu keluar oven/bara api langsung disiramin bumbunya keatas daging/bisa dicocol juga.Atasnya ditaburin bawang goreng sama ketupat.


KEPITING SAUS PADANG

Bahan:

  • 3 ekor @ 300 gr. kepiting segar/hidup

  • minyak sayur

  • 3 sdm minyak sayur

  • 6 butir bawang merah, cincang halus

  • 2 siung bawang putih, cincang halus

  • 1 cm jahe, cincang halus

  • 4 sdm saus cabai pedas botolan

  • 1 sdt cabai merah giling

  • 2 sdm saus tomat botolan

  • ½ sdt merica bubuk

  • 1 sdt garam 75 ml air

Cara memasak:

  1. Matikan kepiting, cuci bersih. Buang kakinya, memarkan capitnya.

  2. Goreng kepiting dalam minyak panas dan banyak hingga matang dan kering. Angkat dan tiriskan.

  3. Bumbu: Panaskan minyak, tumis bawang merah dan bawang putih hingga layu dan harum.

  4. Tambahkan jahe, saus cabai , cabai giling, saus tomat, merica, garam, dan air.

  5. Aduk hingga mendidih.

Masukkan kepiting goreng, aduk hingga rata. Masak hingga bumbu meresap.

1 Komentar

  1. jadi pengen cepet-cepet nyoba resepnya nih…hehe
    Best regard from my blog: Alfalink Dictionary


Comments RSS TrackBack Identifier URI

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s